Tutorial Membuat USB Installer Windows 10

membuat-installer-windows-10

Saat ini banyak laptop atau komputer yang tidak memiliki DVD/CD Room, sementara untuk proses Install Windows dibutuhkan DVD/CD Room. Namun jangan khawatir jika tidak memiliki DVD/CD Room pada tutorial kali ini akan dibahas cara membuat usb installer Windows 10. Pastikan anda memiliki file iso windows original bukan bajakan, karena biasanya bajakan sudah ditanam virus yang dapat mendatangkan kerugian dikemudian hari, seperti blue screen dan sebagainya.



Cara membuat usb installer sangat mudah sekali, berikut langkah-langkah untuk membuat usb installer windows agar dapat menginstall komputer tanpa menggunakan DVD/CD Room :

1. Untuk membuat Bootable awal diperlukan usb atau flashdisk dengan minimal 8Gb.

2. Diperlukan software yang merubah dari file iso menjadi Bootable menggunakan Rufus. Klik Disini untuk mendownload Rufus.

3. Selanjutnya masukkan usb atau flashdisk pada komputer anda.

4. Jalankan Rufus pastikan flashdisk yang akan di gunakan sebagai installer terbaca pada device, jika ada beberapa flashdisk yang terhubung pilih usb yang akan digunakan.

5. Klik Select dan pilih file iso windows yang sudah di download.

6. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses pembuatan usb installer. Muncul peringatan bahwa data pada flashdisk akan terhapus, pastikan flashdisk yang akan digunakan untuk membuat installer dalam keadaan kosong tidak ada data penting karena akan terhapus.

7. Tunggu status copy iso hingga selesai.

8. Pastikan Status menjadi Ready setelah berhasil Copy. 

Selamat Anda telah berhasil membuat usb Bootable Windows 10 yang dapat anda gunakan untuk menginstall komputer ataupun laptop. Jika tutorial ini bermanfaat klik bagikan tutorial ini agar dapat bermanfaat juga untuk teman atau saudara anda. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, anda dapat bertanya pada kolom komentar dan tim Tutorial & Tricks akan segera membalas pertanyaan yang anda tanyakan.




Verifikasikan bahwa Anda bukan robot.